Senin, 12 Mei 2014

Komitmen Lab BPSB Maluku Melalui Akreditasi



SURVAILANCE DALAM RANGKA AKREDITASI LABORATORIUM BPSB MALUKU

Tuntutan peningkatan kualitas hasil uji laboratorium merupakan suatu keharusan di era globalisasi ini.  Konsumen benih dalam hal ini petani, perlu mendapat perlindungan dalam penggunaan benih bermutu bersertifikat yang beredar dipasaran.

Pengawasan terhadap benih yang diproduksi dan beredar dipasaran telah menjadi komitmen BPSB dulu, kini dan kedepan.  Komitmen tersebut salah satunya melalui akreditasi laboratorium BPSBBPP Maluku sehingga hasil uji yang dikeluarkan Laboratorium tepat, cermat, akurat dan tidak terbantahkan karena didukung oleh SDM, peralatan dan prosedur yang berlaku

Laboratorium BPSBBPP Provinsi Maluku telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tanggal 17 Januari 2013 dengan nomor LP – 689 – IDN.  Pengakuan KAN tersebut menunjukan bahwa SDM, Peralatan dan Prosedur yang dilaksanakan oleh Laboratorium BPSBBPP Provinsi Maluku telah sesuai dengan ISO 17025.

Sebagai bukti komitmen bahwa Laboratorium BPSBBPP Provinsi Maluku tetap menerapkan ISO 17025, maka KAN telah melakukan survailance pada tanggal 08 Mei 2014 dengan menugaskan Ir Sulistyowati selaku asesor kepala. Kegiatan ini berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.  Tidak ada tekanan dari asesor kepala maupun manajer laboratorium terhadap proses maupun hasil temuan yang dikeluarkan.

Kondisi bangunan laboratorium yang baru direhab dan tindakan dokumentasi yang belum sempurna menjadi temuan dalam survailance tahun 2014 ini.  Sejumlah 14 temuan dengan 3 katagori menjadi acuan untuk melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik.

Menindaklanjuti hasil temuan oleh asesor kepala, maka manajer puncak telah melakukan rapat internal untuk mengevaluasi, menentukan langkah dan strategi yang ditempuh sehingga sejumlah temuan dapat diselesaikan sesuai batas waktu yang diberikan.    Ibu Ir Dahlia Syahruddin selaku manajer puncak mengharapkan kepada semua struktur yang ada di Laboratorium BPSBBPP Provinsi Maluku untuk menjalankan tugas dan berkomitmen sesuai tanggung jawab yang diberikan sehingga proses penyelesaian temuan ini dapat berjalan sesuai harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar